Senin, 28 Desember 2015

Perawatan Pintu Mobil Sendiri | Peawatan Karet Pintu Mobil

Perawatan Pintu Mobil - Pintu mobil ialah salah satu bagian terpenting kendaraan yeng perlu dirawat, yang mana dapat memberikan kenyamanan dan ke amanan berkendara yang tentunya menjamin keselamatan anda pada saat mengemudi. Pintu mobil seringkali luput dan bahkan di agap sepele dari perawatannya oleh pemilik mobil. Padahal apabila terjadi keselahan yang menimbulkan kerusakan pada pintu mobil dapat berakibat fatal.

Perawatan Pintu Mobil Sendiri | Peawatan Karet Pintu Mobil


AkibatnyaYang di Timbulkan
Contohnya saja, yang umum sering terjadi seperti rel kaca sudah retak retak yang nantinya akan menyebabkan celah kecil sehingga apabila pada musim hujan air akan masuk dan system utuk penggerak kaca pintu nantinya menjadi berkarat. Dan menyebabkan kesulitan pada saat naik turunnya kaca sehingga harus dibantu dengan tangan. Terus belum lagi nanti kalo pada saat perjalanan akan terdengar bising, serta pada bagian pemutar kacapun dapat macet seketika karna terkena air yang nantinya menyebabkan karat pada bagian mekanismenya. Pada bagian gagang pintu yang bagian pelumas mekanismenya mongering ketika kena air yang dapat menyebabkan sulitnya pintu untuk terbuka.

Hal Yang Dilakukan | Perawatan Pintu Mobil
Tips perawatan pintu mobil berikut ini, sebaiknya dilakukan 5 bulan sekali dengan cara teratur :

1. Peralatan yang dibutuhkan di antaranya obeng plus – min, kuas, solar, gemuk serta pelumas semprotan.
2. Setelah itu buka bagian trim pintu atau panel. Lalu buka but pada bagian pegangan pintu serta gagangnya dengan menggunakan obeng plus. Lepas bagian pemutar kaca dengan cara mencukilnya.

3. Untuk membuka panel pintu gunakan obeng min dengan cara mencelnya. Pada mobil yang berjenis power window lakukan dengan mencopot sakelarnya. Lalu perhatikan pada bagian lis kaca atau weather strip nya lalu bersihkan semua kotoran yang anda menempel dengan mempergunakan kuas serta solar. Setelah itu tunggu hingga kering, atau bisa juga bersihkan dengan menggunakan air sabun dan keringkan dengan menggunakan lap sampai kering jangan sampai air pembersih tidak dibersihkan kembali nanti dapat menyembabkan karat apabila membersihkannya menggunakan air dan sabun.

4. Untuk bagian gigi regulator lakukan pengolesan dengan gemuk dan gigi penggerak motor bagi yang menggunakan power window. Jangan lupa lumasi juga bagian lengan serta pernya.

5. Jangan lupa pada tangkai pengimbang regulator, rel atas dan bawah pada bagian penggerak tangkai regulator untuk dibersihkan dengan gemuk serta solar dangan cara di olesi.

6. Lalu setel kaca dangan cara menaikan kaca setengah dan kendorkan baut pengimbang bagian bawah. Setelah itu kacang dorong kebelakang dan baut pengimbang dikencangkan kembali keseperti semula.

7. Pada bagian pintu luar harap diperhatiak, lalu cek apakan ada pergeseran ketika difungsikan. Apabila "YA" lakukan pelumasan dengan menggunakan pelumas seprotan. Pada saat melakukan pelumasan penyemprotan sambil dicek juga pada bagian pintu luar serta pada bagian pindulam juga dengan cara memainka bukaan pintu.

8. Periksa tangakai pengunci pada bagian besi pintu. Yang terutama pada bagian bawah yang mempergerakan kunci. Bersihkan apabila terkena karat atau kotoran dengan cara menyemprotkan pelumas pada bagian pengunci pintu.

9. Terakhir janganlupa apabila sudah selesai pasangkan kembalai panel pintu, untuk power window awas pasang juga saklarnya ketempat semula jangan sampai lupa.

Cukup sekian informasi dari kami, semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca . terimakasih atas kunjungannya.

2 komentar:

  1. saya nggak bisa mempraktekkan perawatan ini nih mas,soalnya belum memiliki mobilnya sih.
    saya menyimak saja deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. heee :) ia mas terimakasih atas kunjungannya,

      Hapus

Perawatan Motor Injeksi Yamaha

Tips perawatan motor injeksi - Crankshaft Position Sensor berperan sebagai sensor yang tahu semasing crankshaft. Lalu Coolant/Oil Tempera...